Monday, July 7, 2008

Bagaimanakah Gaya Kepemimpinan Anda?

1. Ketika melimpahkan pekerjaan:
a. Saya memberitahukan dengan jelas langkah demi langkah apa yang harus dikerjakan dan bagaimana cara melakukannya.
b. Saya jelaskan dengan spesifik mengenai apa yang perlu diselesaikan dan memberikan pedoman bagaimana cara melakukannya.
c. Saya berbagi visi mengenai apa yang semestinya dihasilkan. Saya bersedia (siap) membantu, namun saya membiarkan mereka memutuskan bagaimana melakukannya.
d. Saya tidak turut campur dalam pengerjaan tugas dan membiarkan mereka menyelesaikannya.

2. Ketika mereka (orang lain) membutuhkan bantua:
a. Saya memcari tahu apa masalahnya dan memberitahukan dengan jelas bagaimana cara mengatasinya.
b. Saya mencari tahu apa yang dibutuhkan dan memberikan bimbingan serta bantuan.
c. Saya mencari tahu apa yang dibutuhkan dan menawarkan saran-saran jika mereka meminta pendapat saya.
d. Saya membiarkan mereka memecahkannya sendiri sehingga mereka dapat belajar dari pengalaman.

3. Ketika timbul suatu masalah:
a. Saya perbaiki masalah tersebut, untuk itulah saya dibayar.
b. Saya berikan arahan mengenai apa yang bisa mereka lakukan untuk memperbaiki masalah tersebut dan membantu mengatasinya bersama-sama.
c. Saya minta masukan (saran-saran) dan memberikan rekomendasi yang diperlukan.
d. Saya membiarkan mereka memecahkannya dengan masing-masing.

4. Ketika menyajikan hasil kerja kami kepada orang lain:
a. Saya mewakili tim kerja
b. Saya bekerja sama dengan tim untuk memastikan siapa yang menyajikan apa dan bagaimana caranya.
c. Saya memberikan kesempatan pada orang yang mengerjakan pekerjaan tersebut untuk melakukan presentasi.
d. Tim kerja dapat melakukannya sendiri.

5. Ketika saya memberikan umpan balik:
a. Saya menunjukkan secara spesifik kesalahan apa yang telah dilakukan dan memberitahukan dengan tegas apa yang harus dilakukan untuk mengubahnya.
b. Saya memberi tahu mereka apa yang baik dan yang buruk atas apa yang telah mereka kerjakan.
c. Saya memastikan bahwa mereka dapat memantau kemajuan yang telah dicapai dan menerima umpan balik yang akurat atas pekerjaan mereka.
d. Mereka mengerti apa yang mereka lakukan. Saya tidak perlu memberikan umpan balik.

6. Sebagai seorang pemimpin:
a. Saya memantau pekerjaan anggota tim saya dengan seksama dan memberitahukan mereka bagaimana caranya untuk lebih efisien.
b. Saya bekerja sama dengan anggota tim kerja saya untuk memastikan agar mereka bisa lebih efisien.
c. Saya membantu anggota tim kerja mencari berbagai cara untuk lebih efisien dan memberikan informasi tambahan yang dapat mereka gunakan.
d. Saya biarkan anggota tim kerja menyadari ketidakefisienan mereka dan membuat perubahan yang mereka kehendaki bila diperlukan.

7. Ketika keputusan harus dibuat:
a. Anggota tim saya harus melakukannya melalui saya.
b. Saya bekerja untuk membantu anggota tim saya untuk membuat lebih banyak keputusan mereka sendiri.
c. Anggota tim saya membuat keputusan untuk hal-hal yang berada dalam batas pedoman, namun mengeceknya pada saya untuk hal-hal yang berada di luar garis pedoman tersebut.
d. Saya biarkan anggota tim saya menghasilkan keputusan sendiri secara bebas tanpa bimbingan dari saya.

8. Sebagai seorang pemimpin:
a. Saya menelusuri secara ketat siapa saja yang bekerja, kapan mereka tiba di kantor dan kapan mereka pulang.
b. Saya menyusun jadwal dengan seksama untuk memastikan kesiagaan dan kecakupannya.
c. Saya biarkan anggota tim saya mengatur jadwal mereka sendiri, namun berusaha mengkoordinir mereka agar bekerja sama.
d. Anggota tim saya melakukan apa pun yang mereka inginkan kapan pun mereka mau.

9. Sebagai seorang pemimpin:
a. Saya gunakan sebagian besar waktu saya untuk menangani permasalahan anggota tim saya.
b. Saya memeriksa bersama anggota tim saya secara berkala untuk membantu mereka mengatasi tantangan yang mereka hadapi bila diperlukan.
c. Saya menyediakan waktu-waktu khusus untuk menyelesaikan masalah bersama-sama dengan anggota tim.
d. Saya sudah memiliki banyak urusan, saya tidak ada waktu untuk berurusan dengan masalah orang lain.

10. Ketika saya harus pergi:
a. Kelihatannya tidak banyak yang dapat dilakukan bila saya tidak ada (pergi).
b. Saya bekerja sama mereka untuk menentukan siapa yang akan mengerjakan apa dan kapan.
c. Saya tahu apa yang sedang mereka kerjakan meskipun saya tidak terlibat banyak secara detail terhadap apa yang mereka lakukan.
d. Seringkali saya “bertanya-tanya” apa yang sebernarnya mereka lakukan dengan waktu mereka.

11. Ketika saya bekerja di bawah tekanan:
a. Saya buang beban di sekitar saya untuk membuat segala sesuatunya beres.
b. Saya kumpulkan mereka (anggota tim) bersama-sama untuk memastikan bahwa kami akan menyelesaikannya.
c. Saya berbagi mengenai apa yang sedang terjadi pada anggota tim dan menyemangati mereka atas pekerjaan mereka.
d. Saya lemparkan masalah tersebut pada anggota tim saya dan membiarkan mereka melakukannya.

~~~

Penilaian:
Jumlahkan berapa jawaban a/b/c/d yang telah Anda pilih. Berikut adalah gaya kepemimpinan Anda:
a. Control
b. Supervise
c. Release
d. Abandon

No comments: